April 18, 2008

National Examination for Indonesian Senior High School

I just wanna congratulate my students of XII level who are going to take a final examination of senior high school. The time is next Tuesday, April 22, 2008. It's the waited day for them all of course as they've been studying hard (or not, depends on the students) for three years for regular students and about two years for acceleration students.

How can you prepare it?

If you just wanna prepare yourselves right now it's tooooo late! You should had spent years (2-3 years) as well as you could before. But... if you had passed them not as what you'd planned, there's no any other way to change the time but just face your days.
I just wanna say that it's pretty late to take any courses to know the easier way to solve the problems of your specific subjects. But not too late if you could pass the final examination and then you wanna prepare yourselves to take any higher level. There's no wrong to learn something new but start it now or never. Don't blame yourselves because you'd passed a few years by wrong ways. At least you can start it for the next higher level of your education.

Be a honest person

You may not prepare yourselves so good but it doesn't mean you can do any way to take good scores. As I'm always telling you all that you have to be honest young people. If you're taking the examination and you couldn't answer as many as you hope in the exam, please don't cheat. Because being a cheater will prove yourselves and every single person that you're nothing! Don't be a looser for nothing you can sell for!

The last words in this post

I love you and I'm sure that you all have known it since long time ago. So kids, with my big love for you all, I'm gonna accompany you in your examination days by praying for you all.

Labels: , , ,

8 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Husnul lagi ni Bu...
Hehehehe, kebetulan saya sedikit suka baca, entah buku, entah blog orang. Yang penting bisa membuka pikiran tentang sesuatu.

Saya tertarik dengan artikel Ibu yang satu ini. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja buat Ibu, dan mungkin pengunjung blog Ibu yang laen.

Point penting yang ingin saya tekankan adalah tentang kejujuran. Dan seperti yang Ibu bilang, "Ketika kita melakukan suatu kecurangan, maka kita menunjukkan kepada semua orang, bahwa kita tuh NOL BESAR alias seorang looser"

Jujur saja saya pernah menyontek, bahkan sampai kelas 1 semester 1 saya lakukan itu. Kebetulan saya masuk juara umum di SMA PLUS N 17 Palembang saat itu, dan seorang teman dekat saya pernah bilang, kira-kira seperti ini,"Saya memang bukan seorang juara umum, tapi saya bangga dengan apa yang saya peroleh dengan hasil kerja keras sendiri. Kalau sebaliknya, saya akan malu kepada diri saya sendiri, sama orang lain, dan sama Tuhan.".
Entah karena kata-katanya yang 'menohok' atau karena emang dia seorang teman dekat saya, trus saya jadi merasa omongannya itu benar, atau malah karena kedua alasan itu dua-duanya memang benar, yang jelas, sejak saat itu saya tergugah, dan percaya diri setiap ujian. Sejak perilaku 'ujian tanpa mencontek' saya terapkan, memang saya pernah dapat nilai di bawah 7,5 waktu UHB, sehingga harus perbaikan, tapi kelegaan yang diperoleh atas kejujuran ternyata lebih memuaskan.

Sampai sekarang kuliah, alhamdulillah saya masih bisa ujian dengan jujur. Saya sering merasa geli juga, melihat para aktivis mahasiswa yang teriak sana sini tentang moralitas pemerintah, tapi dia sendiri ketika ujian lupa segala moralitas, lupa untuk jujur, bahkan jujur sama dirinya sendiri. Ada lagi sebagian yang tidak jujur ini, kalau dapat nilai A senang setengah mati sampai tidak ingat, jawaban ujian dia tuh sebenarnya dari siapa. Dan nanti, kalau nilainya E, marah-marah dan kesal sama orang yang dia contek. Aneh bukan?

Maaf kalau ada kata-kata yang salah, sekali lagi, di sini saya cuma ingin berbagi pengalaman dan sedikit pandangan, tidak ada maksud lainnya.

Assalamualaikum wr.wb

-Husnul Hakim-
Alumni Angkatan VI SMA PLUS N 17 Palembang

April 22, 2008  
Blogger wyd said...

kayaknya ga bisa ga harus setuju dengan semua kalimatmu.
moga kata-kata yang bisa menyentuhmu juga bisa menyentuh hati yang lain.

keep being honest and god may bless u

btw... sekarang udah gemukan belum????

April 23, 2008  
Anonymous Anonymous said...

doakan syjuga ya, bu krn sy juga kelas XII.

sayang sy nggak bisa ninggalin nama krn sy nggak punya ID di blogspot.

makasih bwt postingannya yg bermanfaat bngt bwt sy.

pasti senang punya ibu guru kyk ibu, kesannya baek meski kadang agak galak kata2nya (sori bu kalau sy salah. soalnya sy cuma tau ibu dari postingan2 ibu di blog ini terutama yang di edisi bhs indonesia)

April 24, 2008  
Anonymous Anonymous said...

Assalamualaikum...
Kalo saya sih masih belum gendut Bu...

:)

pola hidup sehatnya belum bisa dijalanin kayaknya nih :p biasa, anak kos.

regards,
-Husnul-

April 26, 2008  
Anonymous Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb...
ni Faiz Bu....
Jujur Faiz pernah cheatting,,, coz faiz hanya manusia biasa,...
Tapi sejak Faiz berteman dengan seseorang yang "JUJUR" dalam ujian maupun ulangan, Faiz langsung tersentuh... saya sadar bahwa kejujuran itu sangat berarti dan mahal harganya...
Sejak saat itu Faiz berusaha untuk melaksanakan ujian dengan jujur sesuai kemampuan Faiz

Tapi terkadang seorang manusia terdesak... dan terpaksa untuk berbuat tidak jujur karena dipengaruhi emosi,nafsu, gengsi demi semua nilai besar...
Padahal apalah artinya nilai besar tapi dibelakangnya terdapat suatu kebohongan besar...

Saya sering sedih jika saya melihat ujian yang dipenuhi oleh ketidakjujuran...hati kecil saya begitu terluka melihat contekan di sana sini...

Terkadang saya sering merasa "SOMBONG" ketika Try out ataupun ujian,,, karena saya berusaha untuk mengambil kursi di depan dan diam,,, tanpa menoleh kiri-kanan,,,
Terkadang pula teman saya tidak suka pada sikap saya yang tidak mau memberikan contekan...
Tapi saya tetap berpegang pada prinsip saya,,,, bahwa kejujuran itu ibarat emas yang tak ternilai harganya,
wAlaupun saya tak sempurna... tapi saya berusaha untuk mengerjakannnya sendiri...
Bagi saya lebih baik mendapat nilai 100, TAPI DENGAN hasil sendiri
dARIPADA dapat 75 tapi hasil MENCONTEK...
Saya yakin kejujuran bisa membawa seseorang ke dalam kebaikan...
TerIMA kASIH atas bimbingannya...
Semoga semuanya lulus ujian nasional, ujian sekolah, dan ujian praktek 100% amin.......
dan tak lupa lulus masuk PTN dengan sukses dan JUJUR amin......
Wassalamualaikum wr wb....

Faiz IPA 4.............

April 28, 2008  
Blogger wyd said...

agree with uuuu!!!

dapet 100 krn hasil kerja sendiri daripada 75 hasil nyontek

kata-kata bagus yang cocok dijadiin referensi semua orang....

buat permintaan di bagian bawah.... amin... amin... amin...

May 03, 2008  
Anonymous Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb...
Hai Bu....
Apa kabarnya?
Waktu berjalan begitu cepat...
Setelah perpisahan kemaren, rasanya sedih juga.......
Semoga Kita semua mendapatkan jalan yang terbaik dari ALLAH SWT dan selamat dunia dan akhirat
amin...............

Faiz mau meminta maaf kalau selama ini Faiz ada salah, baik sengaja atau tidak...
Mohon doanya agar semuanya sukses
amin............
Thanks ya bu....
Saya bangga punya guru seperti ibu wyd....
Mari semangat menuju kehidupan yang lebih baik....................

Wassalamulaikum wr wb

FAIZ IPA 4

May 16, 2008  
Blogger wyd said...

wish God would bless your life anywhere n anytime.

God never made a mistake for both good or even bad people.
wish He would give u the best

May 16, 2008  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home